Flat Desain? apakah itu?


Flat Desain? apakah itu?

Di masa lalu, web designer menempatkan fokus khusus pada memamerkan keterampilan dan desain portofolio mereka oleh Kemasan situs dengan ilustrasi yang mencolok dan animasi yang seharusnya kagum pengunjung mereka. Kemudian datang pergeseran menuju skeuomorphic Desain, yang berusaha untuk membawa nyata ke layar, dengan Faux-realistis tekstur, bayangan dan nyata objek karakteristik.Bahwa memberi jalan untuk desain flat, yang menentang semua ini 'buatan' desain teknik, mendukung lebih disederhanakan, klasik digital estetika. Gaya desain web pengguna-sentris ini telah sekitar untuk Sementara sekarang, tetapi jika Anda masih tidak yakin apa yang it's all about panduan ini mungkin hanya apa yang Anda butuhkan

Windows 8.1 Metro UI


Apakah itu Flat Design?

Flat Design adalah pendekatan desain minimalis yang menekankan kegunaan. Itu memiliki bersih, membuka ruang, tepi tajam, warna-warna cerah dan dua-dimensional/datar ilustrasi.Microsoft adalah salah satu yang pertama untuk menerapkan gaya desain ini ke antarmuka, dilihat oleh beberapa orang sebagai reaksi terhadap desain populer skeuomorphic yang Apple menendang dengan yang Antarmuka iOS. Daripada mengubah sebuah objek nyata, seperti Kalender, ke ilustrasi realistis kecil, advokat datar desain mengidentifikasi aplikasi dengan sederhana, ikon-seperti gambar. Daripada membawa aspek kehidupan nyata untuk antarmuka, ini menggambarkan yang jelas pemisahan antara teknologi dan sentuhan objek.



Minimalis tidak berarti membosankan

Dalam Flat Desain, unsur-unsur hias dipandang sebagai kekacauan yang tidak perlu. Jika sebuah aspek yang tidak melayani tujuan fungsional, itu merupakan gangguan untuk pengalaman pengguna. Ini adalah alasan untuk sifat minimalis pada Flat Design.  Namun, hanya karena itu tidak memiliki apapun desain mencolok tidak berarti gaya ini membosankan. warna-warna kontras membuat ilustrasi dan memunculkan tombol dari background, akan dengan mudah menarik perhatian dan  memandu mata pengguna. Tujuan dari citra minimalis juga berkontribusi terhadap karakter fungsional pada flat design.


Cepat dipahami

Gambar sederhana menyampaikan pesan lebih cepat daripada ilustrasi sangat detail. Gambar seperti ikon dapat menunjukkan tindakan yang universal atau tujuan agar semua orang dapat dengan mudah memahaminya. Sangat mudah untuk melihat perbedaan langsung antara skeuomorphic dan flat design. Perhatikan gambar dibawah betapa besarnya, blok warna solid yang lebih menarik perhatian dan arti dari ikon dapat dengan cepat dirasakan.


What is flat design? 
Gambar diatas merupakan panduan dari cloud computing dari layanan akutansi online Xero dengan menggunakan kombinasi flat ilustrasi dan ikonografi untuk menunjukan manfaat yang berbeda ketika bekerja dengan cloud. Kesederhanaan dalam gambar membuat kemudah dalam memahami pesan dan menghilangkan kebutuhan untuk salinan yang berlebihan
.

Apa yang dapat Anda pelajari dari Flat Design?

Flat Design beralih kembali ke dasar-dasar desain sebagai alat yang fungsional. Sebuah website dirancang dan dinilai oleh seberapa baik mereka bekerja, bertentangan dengan seperti apa tampaknya.Fungsi baku ini memaksa situs untuk fokus menjadi sebuah user experience, sehingga situs web yang menggunakan gaya desain ini berhasil cenderung menerima feedback yang positif sebagai user-friendly.

Bagaimana Melakukannya

Semuanya harus dirancang dengan tujuan yang sama dalam pikiran untuk membuat desain web kohesif visual dan fungsional.Untuk merancang sebuah website yang  menggunakan gaya flat design agar efektif, semua elemen desain harus berpusat pada ide tentang kesederhanaan. Solid, warna yang hidup memberikan penekanan aspek yang diperlukan untuk membedakan mereka pada detail ilustrasi, Tipografi sans serif memberikan kesan bersih, elemen yang segar dengan sebuah ilustrasi, teks ringkas dan to-the-point, elemen UI (user interface) seperti tombol dan link jelas terlihat.
Google yang merubah bentuk desainnya ke bentuk Flat. Lihat aja beberapa desain logo produk google seperti Youtube, Gmail, Google Maps dll. Bahkan beberapa aplikasi google seperti Google Now berubuah menjadi Flat .



hehe iseng bikin Long Shadow Flat :D

Dikutip dari creativebloq



Author

Fuad Azmi Fuad Azmi Hai, Kalian pasti sedang berada di bumikan?, Itu karena kalian memang berada di bumi. kuy di follow sosial media saya.

Posting Komentar