Auto Cut Battery Pada Laptop Sekarang 2018



 Auto Cut Battery Pada Laptop Sekarang

Sering sekali teman saya berpendapat jika laptop di charger terus maka baterai tidak tahan lama (drop), dan saya jawab tidak akan rusak bila laptop di charger walaupun baterai sudah full, jika laptop kalian Produksi Tahun 2012 mungkin sudah memiliki Fitur Auto Cut-Off Battery.
Saat kalian membeli laptop, yang perlu diperhatikan adalah cara pengisian ulang baterainya. Jangan sampai baterai laptop kalian menjadi overcharge yang akan berdampak pada penurunan umur baterai. Selain itu baterai laptop juga tidak bisa bertahan lama atau ngedrop.
Tapi untuk pengguna laptop ASUS nampaknya hal semacam itu tidak perlu dirisaukan lagi. Ini bukan pesan sponsor atau mempromosikan ASUS, tapi saya hanya sharing pengalaman pribadi saja. Kebetulan saya memakai laptop ASUS.
Nah, laptop ASUS yang saya pakai ini memiliki fitur Auto Cut-Off Baterai. Yang artinya adalah ketika laptop digunakan dalam keadaan dicharger jika sudah mencapai 100% maka secara otomatis akan memutus arus ke baterai, dan penggunaan daya dialihkan dari adaptor langsung. Sehingga ini tidak membuat laptop menjadi overcharge dan tetap aman digunakan sambil dicolok listrik meski sudah full.
Laptop ASUS yang saya gunakan adalah tipe A450LCP Series .
Saya rasa untuk laptop ASUS keluaran terbaru semuanya sudah ada fitur ini.

Tapi jika Kalian masih ragu dan ingin mengetahuinya, bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini.
#1 Download dulu software Battery Care. Software ini nanti hanya untuk mengecek jika tidak ada daya yang masuk setelah fitur Auto Cut Off berjalan. Silahkan download di sini.
#2 Gunakan laptop sambil dicharger. Untuk bisa mengeceknya, silahkan gunakan laptop ASUS kalian sambil dicharger hingga kapasitas full. Kalau sudah full, jangan dilepas dulu.
#3 Arahkan kursor ke indikator baterai. Nah, jika kapasitas baterai sudah full, sekarang tinggal arahkan kursor ke atas indikator baterai. Maka jika laptop kalian ada fitur “Auto Cut-Off” akan muncul informasi “(plugged in, not charging)“. Jika muncul seperti ini, berarti laptop ASUS kalian ada fitur ini. Plugged in, not charging ini maksudnya adalah charger tetap hidup, tetapi tidak melakukan pengisian ulang baterai (not charging). Jadi arus listrik dari charger kemana? Ya dialihkan ke laptop langsung, jadi laptop pakai daya dari adaptor langsung, bukan baterai. Jika charger dicabut, baru daya diambil dari baterai.

#4 Buka software Battery Care. Untuk lebih memastikan lagi, silahkan buka software Battery Care yang sudah didownload dan install di laptop kalian. Silahkan masuk ke bagian ‘Detailed Information‘ lalu perhatikan informasi tentang ‘Charge/discharge rate‘. Jika nilainya “0 W” artinya tidak daya yang masuk ke baterai, jadi fitur auto cut-off telah berfungsi.
Seperti itu cara mengetahui fitur Auto Cut-Off baterai laptop ASUS. Oh ya, sangat disarankan agar selalu menghubungkan baterai ke adaptop meskipun kapasitasnya masih full, ini untuk laptop ASUS saja. Soalnya dengan adanya fitur tersebut dan jenis baterai yang Lithium Polymer, justru akan membuat baterai lebih awet dan tahan lama.


Dikutip dari LhaGeek.com

Author

Fuad Azmi Fuad Azmi Hai, Kalian pasti sedang berada di bumikan?, Itu karena kalian memang berada di bumi. kuy di follow sosial media saya.

1 komentar

Posting Komentar