Apa yang berbeda dari batik indonesia dan malaysia?



Indonesa dan Malaysia
Sebagai bangsa yang serumpun sudah pasti Indonesia dan Malaysia mempunyai banyak kesamaan dalam hal budaya, seperti budaya-budaya pakaian kedua bangsa. Indonesia kita ketahui bersama terkenal sebegai negara Batik, tapi kalian tau gak Malaysia juga punya batik loh. Bahwa batik Indonesia dan batik Malaysia itu jauh sekali berbeda bila dilihat dari sisi Motif. Namun bila dilihat dari proses produksinya adalah sama.
Perbedaannya
Batik Indonesia mempunyai motif  atau corak yang sangat filosofis sementara itu batik Malaysia cenderung monoton dengan motif bunga-bunga. Batik semuanya berbeda, dari batik Jawa, batik Malaysia juga. Motif Malaysia lebih banyak ke bunga-bunga. Motif fauna pun masih dibatasi lagi hanya mengenai serangga, unggas, dan kehidupan laut, sedangkan Indonesia tidak membatasi mengenai motif, dan juga memiliki filosofi yang mendalam.

Batik Malaysia


Batik Indonesai

Penjelasan

Batik adalah proses bukan motif atau seperti yang kita lihat sudah jadi kain batik itu. Batik itu proses pembuatan corak atau motif di selembar kain putih dengan menggunakan canting, itu batik. Motif pada kain batik adalah manifestasi dari kebudayaan tempat di mana batik tersebut berasal, maka dari itu setiap daerah bisa dipastikan mempunyai motif yang berbeda, seperti halnya batik Indonesia dan Malaysia. Ada beberapa motif indonesia yang saya baca dari google, itu ada kawung, parang kencana, dan masih banyak lagi.

Keywords : batik, batik jawa, batik sumatra, sutra, malaysia, pulau, batik malaysia





Dikutip dari : Media Jurnal

Author

Fuad Azmi Fuad Azmi Hai, Kalian pasti sedang berada di bumikan?, Itu karena kalian memang berada di bumi. kuy di follow sosial media saya.

Posting Komentar