Definisi Dari Sistem Operasi Yang Perlu Kamu Ketahui 2019

Definisi Sistem Operasi Komputer Lengkap Bersama Dengan Contohnya

Software komputer atau perangkat lunak yang berfungsi untuk melakukan kontrol dan pengelolaan hardware dan juga melakukan operasi dasar pada sistem, yang meliputi menjalankan perangkat lunak aplikasi misalnya program pengolah data yang dapat kita gunakan untuk menyederhanakan semua jenis aktivitas manusia di bidang komputer. Sistem operasi ini dalam bahasa Inggris sering disebut sebagai Operating System, atau yang sering juga disebut OS.

Image result for operating system

Computer Operating System adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang akan diletakkan / dikompilasi pada memori komputer, (memori komputer itu sendiri dalam hal ini adalah hard drive, bukan memori RAM) ketika kita akan menyalakan komputer. Sedangkan pada perangkat lunak pendukung lainnya berjalan ketika Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti secara umum untuk berbagai jenis perangkat lunak. Layanan inti umum ini, misalnya, seperti akses disk, manajemen memori, tugas penjadwalan, dan antarmuka pengguna. Sehingga masing-masing perangkat lunak tidak diperlukan lagi untuk melakukan tugas-tugas inti yang umum, karena semuanya dapat dilayani dan dilakukan dengan baik oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang akan melakukan tugas inti dan umum dinamai dengan nama kernel Sistem Operasi.

Sistem Operasi juga berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi pada komputer juga akan melakukan semua perintah penting di komputer, dan itu juga akan menjamin bahwa aplikasi dengan fungsi yang berbeda juga akan dapat berjalan dengan lancar secara bersamaan tanpa ada hambatan. Sistem Operasi Komputer ini juga menjamin bahwa aplikasi dari perangkat lunak lain dapat menggunakan memori, melakukan input dan juga output ke peralatan lain, dan juga memiliki akses ke sistem file. Jika beberapa aplikasi akan berjalan secara bersamaan / bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang sangat tepat, sehingga Sistem Operasi komputer akan melakukan semua proses pada komputer yang sedang berjalan dan mendapatkan jumlah waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak akan saling mengganggu dengan perangkat lain.

Beberapa Contoh Sistem Operasi

Berikut ini adalah contoh dari berbagai jenis sistem operasi pada komputer, misalnya Windows, Linux, dan MacOS. pada gambar di bawah ini adalah antarmuka sistem operasi Windows 7, Linux (ubuntu), dan Mac OS X.


Tampilan Antarmuka Windows 10

Tampilan Antarmuka Ubuntu 18.04

Tampilan Antarmuka Mac OS

Sekian Tentang Definisi OS atau Sistem Operasi ini, semoga dapat membantu anda dalam memahami apa itu Sistem Operasi. Penulis hanya memberikan apa yang di ketahui sahaja, dengan penulisan yang seadanya. Terima Kasih :)

Author

Fuad Azmi Fuad Azmi Hai, Kalian pasti sedang berada di bumikan?, Itu karena kalian memang berada di bumi. kuy di follow sosial media saya.

Posting Komentar